Jumat, 08 Juli 2016

CARA MEMBUAT POSTINGAN BLOG

Cara Mudah Membuat dan Memposting Tulisan Artikel Baru di Blog Blogger Blogspot untuk Pemula

Cara Mudah Membuat dan Memposting Tulisan Artikel Baru di Blog Blogger Blogspot untuk Pemula Terbaru 2016- Sahabat Blogger Pemula, setelah Anda membuat blog baru di blogspot, tentunya Anda ingin segera membuat tulisan atau artikel baru di blog untuk di publikasikan kan?, untuk itu di halaman ini saya tuliskan Cara Mudah Membuat dan Posting Artikel di Blog Baru untuk Pemula. Adapun pembahasan dalam tutorial ini mencangkup berbagai cara yang terkait dengan pembuatan artikel di blog seperti: cara membuat judul blog, cara membuat link di blog, cara membuat label blog, dan seterusnya sampai cara memposting artikel di blog. Tutorial ini juga saya buat secara detail dari awal sampai akhir yang saya lengkapi dengan contoh proses pembuatan-pembuatannya. Selain itu tutorial ngeblog untuk pemula ini juga saya lengkapi dengan gambar-gambarnya agar Anda lebih mudah untuk mempelajarinya.

Cara Mudah Membuat dan Memposting Tulisan Artikel Baru di Blog Blogger Blogspot untuk Pemula Terbaru 2016 

Sahabat Blogger Pemula, untuk membuat dan mempostingkan artikel di blog bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

A. Kunjungi www.blogger.com 
Sahabat Blogger, sebelum Anda mengunjungi blogger.com, pastikan Anda sudah login ke akun google atau sudah login di google.com dengan menggunakan email gmail Anda.

Cara Mudah Membuat dan Memposting Tulisan Artikel Baru di Blog Blogger Blogspot untuk Pemula

Setelah Anda berhasil login di blogger.com, silakan Anda klik tulisan "Mulai ngeblog" atau klik simbol pensil.

B. Mengenal Berbagai Menu di Halaman Entri Blog dan Fungsinya beserta Penerapannya/Contohnya dalam Membuat dan Memposting Artikel Blog di Blogger Blogspot

Mengenal Berbagai Menu di Halaman Entri Blog dan Fungsinya beserta Penerapannya/Contohnya dalam Membuat dan Memposting Artikel Blog di Blogger Blogspot


1. Compose
Mode Compose digunakan untuk pembuatan artikel yang berupa teks atau tulisan abjad A, B, C, D dan lain sebagainya. Posisi default Blogger, Anda sudah diarahkan pada mode compose, jadi mulailah membuat artikel atau menulis pada papan entri mode compose. Contoh papan entri mode compose bisa Anda lihat pada screenshot di atas.


2. HTML

Papan entri blog mode HTML

Mode HTML yang berada di sebelahnya menu Compose berfungsi untuk menyisipkan kode html, misalnya Anda ingin membuat tabel, maka gunakan mode HTML. Untuk pemula, sebaiknya Anda fokus latihan dulu menulis artikel di mode compose. Untuk sekedar mengetahui dulu seperti apa sih tampilan papan entri mode HTML, Anda bisa mengeklik menu HTML.

3. Judul Pos 
Kolom Judul Pos berfungsi untuk menuliskan Judul Artikel Blog Anda. Tulislah judul yang baik menurut Anda. Perlu diketahui bahwa judul pos nantinya juga merupakan URL postingan Anda. Misalkan Anda membuat artikel dengan judul "Cara Mudah Posting Artikel di Blogspot", maka nanti setelah artikel dipostingkan, tautan/link otomotaisnya menjadi cara-mudah-posting-artikel-di-blogspot(titik)html

4. Undo dan Redo
a. Undo

Menu tombol undo berfungsi untuk mengembalikan tampilan ke tampilan sebelumnya.
b. Redo
Menu tombol redo berfungsi untuk menguju tampilan ke tampilan selanjutnya

5. Font

Jenis Font Blogger

Menu font berfungsi untuk mengatur jenis huruf yang akan Anda gunakan dalam membuat artikel blog. Jenis font blogger.com yang tersedia ada 7 yakni default font, arial, courier, georgia, helvetica, times, trebuchet, dan verdana. Silakan Anda pilih sesuai selera Anda. Jika Anda tidak memilih maka tulisan Anda fontnya default font. Kalau saya sendiri sih sudah terbiasa menggunakan default font.

6. Font Size

Font Size Blogger

Menu font size berfungsi untuk mengatur besar atau kecilnya huruf tulisan di blog. Font Size di Blogger.com ada 5 yakni smallest, small, normal, large, largest. Silakan pilih sesuai keperluan, jika untuk tulisan artikel sebaiknya tidak perlu memilih karena dengan tanpa memilih maka secara default ukuran tulisan artikel Anda pada posisi Normal. Anda bisa menggunakan ukuran selain normal pada keperluan-keperluan tertentu.

7. Format

Format tulisan blog

Format tulisan blog ada 4 pilihan format yakni heading, subheading, minor heading, dan normal. Silakan pilih sesuai keperluan Anda. Pada posisi default Blogger.com formatnya adalah normal.
 

8. Bold

Fungsi Bold pada Dasbor Blogger

Menu Bold adalah untuk menebalkan huruf pada artikel blogAnda bisa menebalkan huruf sesuai kebutuhan Anda dengan cara mengeklik tombol Bold kemudin mengetik huruf dan atau mengeblok tulisan kata/kalimat kemudian mengeklik tombol bold.

9. Italic

Cara Memiringkan Huruf Tulisan di Blog

Menu italic berfungsi untuk membuat huruf menjadi miring/memiringkan huruf. Cara memiringkan huruf atau tulisan di blog dapat Anda lakukan dengan cara mengeklik tombol italic kemudian mengetik huruf dan atau dengan cara mengeblok tulisan dulu baru mengeklik tombol italic.

10. Underline

Cara Membuat Garis Bawah pada Tulisan di Blog

Menu underline berfungsi untuk memberi garis bawah pada tulisan. Caranya klik tombol underline kemudian ketik tulisan. Anda bisa juga melakukannya dengan cara mengeblok tulisan dulu baru klik tombol underline.

11. Strikethrough

Fungsi Strikethrough di blog

Menu strikethrough berfungsi untuk memberi coretan pada tulisan di blog ( untuk mecoret tulisan di blog ). Caranya klik tombol strikethrough kemudian ketik huruf yang akan diberi coretan tengah. Cara lain yakni dengan membuat tulisan dulu dan mengebloknya kemudian klik tombol menu strikethrough.

12. Text Color 

Cara Memberi Warna Tulisan di Blog

Menu text color berfungsi memberi warna teks tulisan di blog. Posisi default blogger.com, warna tulisannya yaitu hitam. Jika Anda menginginkan variasi warna, Anda bisa menggunakan menu text color ini. Silakan Anda pilih warna sesuai selera Anda, kemudian mengetikkan tulisan yang akan diwarnai dan atau Anda mengeblok tulisan dulu baru mengeklik warnanya. Ada 64 warna yang tersedia di blogger.com seperti warna merah, kuning, biru, hijau, dan lain-lain.

13. Text background color

Cara mengubah warna background teks tulisan di blog

Menu Text background color berfungsi untuk memberi warna background tulisan di blog. Caranya adalah dengan mengeklik tombol Text background color kemudian mengetik tulisan dan atau dengan cara mengeblok tulisan kemudian baru mengeklik tombol Text background color

14. Add or remove link
Menu Add or remove link adalah untuk membuat atau menghapus link/tautan artikel blog. Fungsi link di blog sangatlah penting, Anda bisa menautkan URL Anda yang lain pada halaman blog yang satu dan lainnya. Anda juga bisa menautkan URL blog/website lain ke blog Anda. Dalam artian link itu ada dua jenis yakni link internal ( menautkan artikel yang masih berada di blog Anda ) dan link eksternal ( menautkan URL artikel blog lain ).

a. Cara membuat link tulisan di blog 
Untuk membuat link/tautan yang berupa tulisan di blog dapat Anda lakukan dengan cara yang mudah.Sebenarnya ada beberapa cara membuat link berupa tulisan di blog, namun di sini saya tuliskan cara praktisnya saja. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara Praktis Membuat Link Tulisan Blog
Misalkan Anda akan membuat link yang mengarahkan pengunjung Anda untuk berkunjung ke artikel Anda yang lain, maka:

  • setelah Anda mengetik silakan baca ( spasi )
  • setelah spasi biarkanlah kursor berhenti di posisi setelah spasi
  • klik tombol link
  • text to display: diisi tulisan yang akan dijadikan link, misalnya Cara Membuat Blog di Blogspot
  • web address : isi dengan URL yang akan dilinkkan/ditautkan, misalnya http://www.carasyamsu.com/2016/01/cara-membuat-blog-di-blogspot-blogger-com-gratis-dan-mudah-untuk-pemula.html
  • beri tanda centang pada Open this link in a new window jika Anda menginginkan pengunjung membuka link tersebut pada jendela browser baru
  • beri centang/tidak terserah Anda pada Add 'rel=nofollow' attribute 
  • klik OK
1). Contoh ke-1:
Bagi Anda yang ingin membuat blog namun belum mengetahui caranya, silakan baca Cara Membuat Blog di Blogspot

2). Contoh ke-2

Cara membuat link blog berupa tulisan

Bagaimana cara ganti tempalte blog?, silakan baca Cara Mudah Mengganti Template Blog

  • ketik tulisan yang akan dijadikan link
  • blok tulisan tersebut
  • klik tombol link
  • masukkan URL link
  • klik Open this link in a new window
  • klik OK
b. Cara menghapus link di blog 
Cara menghapus link di blog dapat Anda lakukan dengan cara mengeblok tulisan yang berupa link, kemudian klik tombol link.


15. Insert image
Menu insert image berfungsi untuk memasukkan gambar ke dalam postingan atau menyisipkan gambar di bagian artikel. Adapun cara memasukkan/mengunggah/mengupload foto atau gambar ke blog di blogspot adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Beri nama foto dengan nama yang sesuai, misalkan foto orang sedang ngeblog ya file fotonya kasih nama "foto-orang-ngeblog", jangan lupa pakai tanda hubung antara kata satu dengan kata berikutnya.

cara memberi nama foto gambar yang akan diupload di blog
b. Klik tombol Insert image
Insert image
c. Klik pilih file, tentukan file, klik open, dan klik Add selected
Cara Unggah foto di blog
 d. Lihat hasilnya
hasil upload foto gambar di blog

16. Insert a video
Insert a video berfungsi untuk mengupload video ke dalam postingan blog. Anda bisa mengupload video ke blog dari video yang ada di komputer/laptop Anda, dari video yotube unggahan orang lain, dari video youtube yang Anda unggah, dan dari video yang ada di smartphone Anda. Caranya gampang, silakan klik tombol Insert video dan ikuti langkah mudah selanjutnya.

Contoh Cara Upload Video Youtube dari Video Youtube Hasil Upload Sendiri

Cara Upload Video Youtube dari Video Youtube Hasil Upload Sendiri
Hasil uploadnya, silakan tonton video youtube di bawah ini:

17. Insert jump break

Insert jump break berfungsi untuk membatasi tulisan, ini biasanya difungsikan untuk memabatasi tampilan tulisan yang ada pada home page

18. Aligenment

Aligenment berfungsi untuk mengatur posisi tulisan

19. Numbered list

Numbereed list berfungsi untuk memberi nomor pada tulisan blog. Silakan klik tombol Numbered list, maka akan muncul nomor 1 dan seterusnya, gunakan sesuai kebutuhan Anda.

  1. contoh fungsi numbered list
  2. ini juga contoh penerapan numbered list

20. Bullet list
Bullet list berfungsi untuk memberi item bullet pada tulisan di blog. Silakan klik tombol Bullet list jika Anda membutuhkannya.

  • contoh bullet list
  • ini contoh penerapan bullet list

21. Qoute

Contoh:

Ini adalah contoh qoute

22. Remove formatting

23. Check spelling

24. Label

Baca Cara Praktis Membuat Label Blog


25. Jadwal

Jadwal berfungsi untuk mengatur jadwal/waktu postingan

26. Tautatan otomatis dan  permanen

Silakan baca Cara dan Fungsi Tautan Permanen

27. Lokasi

28. Deskripsi Penelusuran

29. Pilihan


30. Simpan
Menu simpan akan berfungsi otomatis ketika Anda menulis artikel blog. Menu simpan juga bisa  digunakan jika Anda belum selesai membuat artikel dan akan meneruskannya di lain waktu. Jika Anda dalam 1 waktu bisa membuat artikel dari awal sampai selesai, maka sebaiknya langsung saja dipublikasikan.

31. Pratinjau
Menu pratinjau berfungsi untuk melihat tampilan artikel Anda sebelum diposting/dipubliasikan.  

32. Tutup

33. Publikasikan
Menu publikasikan berfungsi untuk mempublikasikan artikel Anda. Jika artikel sudah dipublikasikan/diposting berarti artikel Anda sudah bisa terbaca/dibaca oleh orang lain/pengunjung blog Anda.

34. Lihat blog
Menu lihat blog berfungsi sebagai link dari dasbor blog Anda untuk mengunjungi blog Anda sendiri.

19 komentar:

  1. Terima kasih ilmu nya kak

    See my blogg zts_blogger

    BalasHapus
  2. bagus gan
    di monetisasi biar dapat iklan
    menghasilkan uang

    BalasHapus
  3. mantab,terimakasih ilmunya gan,,,,

    BalasHapus
  4. Mksh artikel nya sngt membantu

    BalasHapus
  5. PROMO KHUSUS MERDEKA HASHTAG OPTION 2018
    - Bonus Deposit Merdeka 17%* T&C Applied
    - Bonus Cashbak Loss 4.5%** T&C Applied
    - Bonus Cashback Turnover 0.73%

    Periode trade mulai 17 Agustus 2018, 00.00 - 23.59 WIB
    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta pe6nghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada Mbah Dewa saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs mbah Dewa sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan mbah dewa menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat MBAH,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik MBAH.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
    Hub; Mbah DEWA BHARATA di; 0823 1655 5388

    Yang Punya Rumah Trimakasih Banyak
    salam JP
    ----------



















    Bpk. Indra Nasution Dari medan

    SALAM KENAL SEMUA...!!!

    "Inilah kisah nyata kami. tampa rekayasa"
    Terlebih dahulu saya sekeluarga mengucapkan banyak Trimakasih Kepada Bapak KH.Fatullah Harun
    Yang tlah membantu kami sekeluarga. Syukur "ALHAMDULILLAH" Hal yg tidak pernah terbayangkan
    dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti sekarang ini.
    Munkin dulu akulah orang paling terpuruk masalah ekonomi, karna tidak punya pekerjaan tetap
    dan kebutuhan keluarga selalu kekurangan.
    Dan suatu saat saya mau pinjam uang kepada tetangga kami yang lebih mampu.
    dan tetangga saya menyarankan untuk minta bantuan kepada "Bpk. haji"
    katanya dia dulu juga dibantu sama beliau melalui (PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL)
    Dan alhamdulillah bisa seperti sekarang.orang paling sukses dikampung kami
    Saya pun minta nomor telpon pak KH.Fatullah Harun dan pulang kerumah untuk menghubunginya
    menceritakan penderitaan kami sekeluarga dan Alhamdulillah beliau bersedia membantu kami
    Dengan -PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL- Inilah pertama kalinya Saya melihat uang sebanyak ini
    kami sudah bisa bayar hutang-hutang kami dan sudah bisa buka usaha dan Alhamdulillah sampai sekarang
    kami bisa menjadi orang sukses berkat bantuan Bpk. KH.Fatullah Harun
    inilah kisah nyata kami Tampa REKAYASA.
    Mudah-mudahan kisah hidup kami. bisa membantu saudara/saudari semua:

    ----------KH.Fatullah Harun....AHLI SPIRITUAL---------------
    Bisa membantu permasalahan anda sebagai berikut dibawah ini:

    1. PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL
    2. TRANSPER JANIN / ABORSI AMAN TAMPA DI SENTUH
    3. PINJAMAN DANA GAIB
    4. PELET PEMIKAT LAWAN JENIS

    Atau lebih jelasnya Hubungi:
    KH.Fatullah Harun no.Hp: 0823 5221 8228 whatsApp: 082352218228

    kunjungi WEB resmi beliau di bawah ini:
    Klik=> AHLI SPIRITUAL TERPERCAYA






    terimakasih yg punya room

    BalasHapus